Penelitian Unggulan Terapan UNS (PUT-UNS)

LPPM    Surakarta.

Sumber Pembiayaan : PNBP
Batas Upload Proposal : 19 Feb 2018
Tahun : 2018

Sejalan dengan kebijakan Direktorat Jendral Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristekdikti untuk memperkuat penelitian pada bidang-bidang unggulan sebagaimana telah ditetapkan dalam RIP UNS, maka skema riset PUT-UNS ditargetkan untuk memperkuat kinerja penelitian dan pengabdian pada kesebelas bidang-bidang penelitian yang telah ditetapkan.

Salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan keunggulan penelitian di UNS. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) adalah penelitian yang mengacu pada bidang unggulan yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Penelitian 2016 – 2020 (Renstra Penelitian) Universitas Sebelas Maret 2017, yaitu ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, perubahan iklim dan keanekaragaman hayati, seni budaya dan industri kreatif, serta pembangunan manusia dan daya saing bangsa. Sasaran akhir dari penelitian ini  adalah  dihasilkannya  inovasi  teknologi  pada  bidang-bidang unggulan (frontier) dan rekayasa sosial guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional.

Skema Hibah PUT-UNS juga dapat mendukung perkembangan pusat-pusat keunggulan UNS baik yang berada di LPPM UNS maupun yang berada di tingkat fakultas. Pusat-pusat keunggulan tersebut diharapkan dapat berkembang menjadi pusat inovasi Universitas Sebelas Maret. Skema hibah ini juga bisa menjadi inisiator pengembangan Research Group menjadi pusat keunggulan universitas.  Usulan penelitian ini harus dilengkapi dengan peta jalan riset berkesinambungan yang terkait dengan sektor riil dan berorientasi pada kebutuhan pasar (market driven). 


Tujuan

  1. Mendorong percepatan capaian rencana strategis Universitas Sebelas Maret
  1. Menjawab tantangan kontribusi peneliti pada kebutuhan iptek-sosbud negara dan perwujudan riset sebagai economic driven dari bangsa.


Luaran Penelitian

Luaran wajib PUT-UNS adalah:

  1. Publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi atau menghasilkan draft Paten yang sudah didaftarkan pada tahun kedua pelaksanaan penelitian.
  2. Produk riset berupa prototipe, atau model kebijakan yang sudah direkomendasikan kepada pemangku kepentingan, atau draft regulasi yang sudah dibahas dan disampaikan kepada stake holder atau pemangku kepentingan.
  3. Buku ajar berbasis riset yang sudah terbit pada akhir masa pelaksanaan riset


Kriteria dan persyaratan umum pengusulan Penelitian Unggulan Terapan UNS yakni sebagai berikut.

  1. Jumlah tim peneliti maksimal 3, dengan ketua peneliti minimal berpendidikan S3 atau S2.
  2. Penelitian bersifat multi tahun, maksimal durasi 3 tahun dengan pembiayaan maksimal Rp 100.000.000;/tahun.

Usulan kegiatan disimpan menjadi satu file dalam format pdf dengan ukuran maksimum 5MB, kemudian diunggah ke  IRIS1103  dan hardcopy dikumpulkan di sub  bagian Program LPPM


Link Terkait UNS

Random Dosen Profile