LPPM Surakarta.
Sumber Pembiayaan | : | NONPNBP |
Batas Upload Proposal | : | 20 Jan 2022 |
Tahun | : | 2022 |
Penelitian Produk Vokasi merupakan penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah yang ada di masyarakat, industri, pemerintahan sebagai kelanjutan dari riset dasar untuk
menghasilkan produk hilirisasi. Penelitian Produk Vokasi adalah model penelitian yang lebih diarahkan untuk menciptakan inovasi dan pengembangan ipteks yang langsung dimanfaatkan oleh industri, pemerintah dan masyarakat melalui kolaborasi dengan penggunanya. Penelitian ini berorientasi produk Ipteks yang telah tervalidasi di lingkungan laboratorium/lapangan atau lingkungan yang relevan. Dalam proses pengukuran TKT, hasil Penelitian Produk Vokasi akan berada di tingkat 4 sampai dengan tingkat 6. Dalam kegiatan risetnya penelitian dalam skema ini dapat dimulai dari TKT 3 namun harus berarkhir pada TKT 4,5 atau 6 yang menghasilkan produk terapan, baik di bidang ilmu eksakta maupun sosial Humaniora.
Skema Penelitian Produk Vokasi ini dapat dilakukan untuk penelitian kerjasama dari dalam atau luar negeri. Mitra Penelitian dan Mitra Pengguna wajib terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat dilanjutkan ke tahap penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian produk vokasi diharuskan memiliki relevansi dengan arah kebijakan dalam Prioritas Riset Nasional dan Rencana Induk Riset Nasional.
Tujuan Penelitian Produk Vokasi sebagai berikut:
1. meningkatkan kemampuan peneliti di lingkungan perguruan tinggi pendidikan vokasi untuk menghasilkan produk terapan Vokasi yang bisa bermanfaat untuk industri, Pemerintah dan kemasyarakatan;
2. memperkuat peta jalan industri yang bersifat multidisiplin;
3. membangun kolaborasi antara perguruan tinggi dan mitra pengguna hasil penelitian; dan
4. mendapatkan kepemilikan KI produk ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan Humaniora yang memberikan nilai tambah secara ekonomi dan sosial.
Luaran Penelitian Produk Vokasi pada Tahun pertama berupa laporan Feasibility Study produk yang dikembangkan dan produk iptek-sosbud ber-kekayaan intelektual (Paten, Paten Sederhana, Hak Cipta,
Perlindungan Varietas Tanaman, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu). Tahun kedua dan atau ketiga berupa prototipe produk beserta dokumentasi hasil uji coba kinerja produk. Laporan Feasibility Study
berisi analisis kebutuhan pelanggan, kondisi pasar, teknis, financial, dan ekonomis. Hasil analisis selanjutnya diwujudkan dalam bentuk perjanjian kerjasama dengan mitra pengguna hasil penelitian
(produk/model terapan/jasa).
Kriteria Penelitian Produk Vokasi mengikuti pedoman berikut:
1. penelitian bersifat multitahun, jangka waktu penelitian 2-3 tahun dan luaran akan dievaluasi setiap tahun;
2. penelitian bersifat terapan dengan menghasilkan produk pada tingkat kesiapterapan teknologi 4,5 dan 6. Pada tahun pertama penelitian dapat dimulai dari TKT 3 (penelitian dasar) namun berakhir pada TKT 4, 5 atau 6; dan
3. pembiayaan penelitian mengikuti ketentuan pendanaan berdasarkan bidang fokus mengacu SBK Penelitian Produk Vokasi
2015 ©Engineering IRIS1103. ALL Rights Reserved. Privacy Policy | Terms of Service