Hibah Pusat Keunggulan (PK-UNS)

LPPM    Surakarta.

Sumber Pembiayaan : PNBP
Batas Upload Proposal : 31 Jan 2017
Tahun : 2016

Penelitian yang dikembangkan di UNS melalui RG harus memiliki peta jalan menuju pencapaian inovasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta diseminasi hasil inovasi maupun layanan kepakaran secara konvergen dan sinergis. Sejalan dengan hal diatas, maka agenda riset dan akumulasi pencapaian hasil-hasil riset di setiap RG harus dikelola secara bersistem sehingga dapat meningkatkan kapasitas RG untuk menjadi pusat keunggulan (centre of excelence) yang bertumpu pada pencapaian inovasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi, penyelesaian atas permasalahan dan isu-isu strategis nasional, serta layanan kepakaran yang bermuara pada adaptasi inovasi ipteks pada industri dan masyarakat luas. Centre of Excellence yang dimaksud juga harus dapat menjadi salah satu tempat bertumbuhnya revenue generating. Oleh sebab itu skema pembiayaan riset di UNS perlu disusun dalam rangka mendorong kontribusi RG maupun Pusat Studi dalam pengembangan inovasi ipteks yang berorientasi pada maksud diatas. Skema pembiayaan riset yang dinamakan Hibah Pusat Keunggulan UNS (PK-UNS) diluncurkan sebagai sarana pembiayaan riset yang mendukung bertumbuhnya RG atau Pusat Studi dalam mengembangkan keunggulan inovasi ipteks yang dapat mengakselerasi RG maupun Pusat Studi menjadi Centre of Excellence pada 13 bidang kegiatan yang tercantum dalam RIP UNS.


Skema HPK-UNS dirancang dengan tujuan sebagai berikut:

a. Memenuhi target KPI Universitas dalam publikasi jurnal internasional bereputasi melalui pengembangan semua bidang kegiatan UNS yang tercantum dalam RIP.

b. Sebagai inisiasi tumbuhnya Centre of Excelence yang berasal dari RG dan Pusat Studi.

c. Membangun jejaring kerjasama antar peneliti dalam bidang keilmuan dan minat yang sama, sehingga mampu menumbuhkan kapasitas penelitian institusi dan inovasi teknologi sejalan dengan kemajuan teknologi dan frontier technology.

d. Mendorong peningkatan kapasitas RG maupun Pusat Studi dalam menyelesaikan isu-isu strategis nasional melalui kegiatan pengabdian 26 masyarakat dan kegiatan KKN Tematik serta layanan kepakaran dengan tema terkait


Luaran wajib Hibah Pusat Keunggulan UNS yaitu:

a. Publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi internasional.

b. Analisis potensi revenue generating pada tahun terakhir penelitian. Ragam bisnis yang direncanakan dalam analisis potensi revenue generating dapat berupa satu atau lebih pilihan berikut: spin off             company, product licensing, laboratory testing services, field measurement and survey, dan layanan konsultasi profesional berstandar.

c. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat dan kegiatan KKN Tematik dengan tema terkait bersifat opsional 


Ketentuan Dasar dan Kriteria Pengusul

a. Pengusul Hibah PK-UNS adalah RG atau pusat studi yang memiliki riwayat capaian riset.

b. Peneliti Utama dalam Hibah PK-UNS wajib memiliki jenjang pendidikan minimum S2, memiliki NIDN dan berpengalaman dalam memenangkan hibah riset baik yang dalam skema pembiayaan DP2M, Ristek, atau sumber pembiayaan dari institusi lain yang tercatat dan diakui LPPM UNS.

c. Tim kegiatan harus mempunyai rekam jejak memadai dalam bidang yang akan diteliti;

d. Kegiatan bersifat multi tahun dengan jangka pembiayaan waktu antara 2-3 tahun;

e. Anggota tim peneliti dapat berganti setiap tahunnya, sesuai dengan kebutuhan dan peta jalan (Road Map) penelitian;

f. Besarnya dana hibah PNBP perjudul untuk setiap tahunnya adalah Rp. 70.000.000,-

g. Usulan kegiatan disimpan menjadi dua file dalam format pdf dengan ukuran maksimum 5 MB dan diberi Nama Ketua Peneliti_Fak/P.Studi_PKUNS.pdf, kemudian diunggah ke IRIS1103 dan hardcopy dikumpulkan di Subbag Program LPPM UNS.


Link Terkait UNS

Random Dosen Profile